Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh saat Isolasi Diri di Rumah

Daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam melawan infeksi virus corona. Kekebalan tubuh harus tetap dijaga dan ditingkatkan walaupun Anda sudah mengisolasi diri di rumah guna mencegah penyebaran Covid-19.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun saat beraktivitas dari rumah. Berikut sejumlah cara untuk meningkatkan imunitas saat isolasi di rumah, diantaranya adalah:

  1. Kebugaran
    Melatih kebugaran menjadi salah satu langkah yang baik untuk meningkatkan imun tubuh. Latihan kebugaran bisa dilakukan dengan berolahraga teratur setiap hari di rumah.

    Menurut penelitian, individu yang bugar dan rajin berolahraga memiliki risiko terkena infeksi yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak berolahraga.

    Aktivitas fisik juga membuang bakteri di paru-paru, sehingga mengurangi risiko terkena flu, demam, batuk, dan pilek.
  1. Meditasi
    Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari.

    "Meditasi secara konsisten dapat membantu memperbaiki kesehatan di tengah situasi yang stres," kata praktisi meditasi Ellie Burrows Gluck

    Meditasi yang sederhana dapat dilakukan dengan menarik napas panjang lalu menenangkan pikiran. Lakukan meditasi ini 10-15 menit setiap hari agar mendapatkan manfaat kekebalan tubuh yang optimal.
  1. Manajemen stres
    Stres menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kita terkena banyak penyakit. Stres membuat sistem imun melemah sehingga mudah terserang penyakit.

    Ketika mengalami stres, orang mungkin melakukan aktivitas yang buruk seperti merokok, minum alkohol, makan tidak sehat, dan kurang tidur. Semua kegiatan itu buruk untuk daya tahan tubuh.

    Oleh karena itu, untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap baik selama pandemi virus corona, lakukan manajemen stres yang baik. Manajemen stres berbeda pada setiap orang.

    Luapkan stres dan emosi pada kegiatan yang menyenangkan diri. Kegiatan itu dapat berupa me time, melakukan hobi, atau bercengkrama dengan keluarga dan teman.
  1. Tidur yang cukup
    Tidur yang cukup memberi ruang untuk sistem kekebalan tubuh bekerja optimal. Orang dewasa disarankan untuk tidur 7-8 jam sehari.

    Saat kurang tidur, tubuh akan cenderung lelah dan stres sehingga membuat sistem imun melemah. Tidur siang selama 30 menit juga dapat meredakan stres dan baik untuk kesehatan.